Home » , , » 11 hal Yang Menarik Tentang Arang Bambu Sejak dari Zaman China Kuno

11 hal Yang Menarik Tentang Arang Bambu Sejak dari Zaman China Kuno

Sejak Dahulu orang infin membuat berbagai snack manis, banyak sekali orang yang menambahkan pewarna buatan yang berbahaya bagi kesehatan hanya untuk membuat sebuah sajian terlihat lebih menarik. Namun seiring waktu dengan perkembangan zaman, banyak sekali orang yang beralih untuk menggunakan bahan yang lebih alami dalam memberikan warna yang cerah pada makanan yang mereka buat.

bambo charcoal
arang bambu cake
kalo dulunya arang bambu tidakbanyak digunakansebagai pewarna alami, saat ini penggunaan banyak sekali arang bambu sebagai pemberi warna hitam alami pada makanan bahkan berkembang menjadi sebuah tren. Aneka makanan serba hitam mulai banyak bermunculan dengan menggunakan bubuk arang bambu sebagai bahan utamanya.

Meski baru populer sekarang, rupanya arang bambu sudah lama digunakan oleh penduduk China kuno sejak tahun 1486. Begitu pun dengan masyarakat Jepang yang ternyata sudah sering menggunakan arang bambu sebagai bahan bakar masak sekaligus mengeringkan teh.

Selain itu, rupanya masih banyak fakta lain tentang arang bambu yang perlu kamu ketahui. Apa saja? Dilansir berbagai sumber

manfaat arang bambu


inilai 11 hal Tentang arang bambu:
  1. Di China, arang bambu sudah digunakan sejak zaman pemerintahan Dinasti Ming pada tahun 1486. 
  2. Arang bambu disebut sebagai Takesumi oleh penduduk Jepang dan sering dimanfaatkan untuk tujuan kesehatan. 
  3. Sebelum menjadi tren makanan, arang bambu lebih populer sebagai pemurnian udara untuk menyerap polusi. 
  4. Arang bambu juga bisa menyerap bau tak sedap. Penambahan baking soda akan membuat kerja arang bambu semakin cepat. 
  5.  Buah dan sayuran juga bisa menjadi lebih segar dengan menggunakan arang bambu. Tak hanya lebih segar, tekstur buah disebut-sebut juga bisa lebih renyah dari biasanya. 
  6. Beberapa ahli menilai arang bambu aman dimakan selama jumlah yang dikonsumsi tak melebihi batas yang dianjurkan.
  7. Hampir semua makanan bisa dikreasikan dengan arang bambu, termasuk makanan asin seperti pempek dari Palembang.
  8. Tren makanan serba hitam mulai marak bermunculan pada 2016 lalu dan hampir mendominasi tren kuliner dunia di 2017.
  9. Bubuk arang bambu lebih banyak ditemukan di negara Asia. Sedangkan negara lainnya lebih banyak menggunakan arang aktif. 
  10. Harga bubuk arang bambu di Indonesia cukup mahal. Yakni dibanderol dengan harga sekitar Rp 50 ribu per 50 gram.
  11. Selain untuk makanan, arang bambu juga bermanfaat untuk kecantikan, mulai dari mengusir jerawat hingga mengurangi tanda keriput di wajah.

Update Terbaru

Catatan Sumber: Sebagian informasi, referensi dan artikel yang disajikan di website ini kami kompilasi, sadur dan terjemahan dari berbagai sumber. Beberapa gambar yang ada juga berasal dari berbagai website dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Mohon maaf jika ada gambar yang belum mencantumkan sumbernya. Jika ada gambar milik anda yang memiliki hak cipta dan ingin dicantumkan sumbernya, harap hubungi kami.
Diberdayakan oleh Blogger.