Home » » Manfaat Arang Bambu

Manfaat Arang Bambu

Arang bambu. Ada beberapa orang yang masih belum tahu betapa banyaknya maanfaat arang bambu untuk kehidupan manusia. Dan itu cukup disayangkan. Kebanyakan memandang, arang bambu hanya seonggok bahan bakar yang digunakan untuk membakar makan, atau menyalakan api dan hal-hal sepele seputar arang bambu lainnya. Padahal dibalik itu, arang bambu menawarkan manfaat yang bisa kamu ambil.

Perlu kamu tahu, arang bambu mengandung lebih dari 400 jenis mineral serta ratusan manfaat untuk pengobatan dan kesehatan bahkan kuliner. Manfaat arang bambu tidak lepas dari kandungan activated charcoal atau arang aktif. Arang aktif inilah yang membangkitkan kemampuan asli dari si arang bambu menjadi berguna bagi kehidupan manusia.

manfaat arang bambu


Arang bambu yang didapatkan dari proses pembakaran potongan bambu dalam suhu tinggi 800° C ini, menghasilkan tingkat kalori yang lebih tinggi daripada arang kayu--yang bisa mencapai 7000 kalori. Hasil karbon dari pembakaran bambu yang telah diaktifkan pun punya luasan permukaan dan pori-pori yang lagi-lagi lebih banyak ketimbang arang dari kayu. Dengan begitu dasar manfaat arang bambu berkutat pada detoksifikasi dan air filtrasi.

Arang bambu yang aktif mengandung zat karbon yang non-chemical karena melalui pemurnian dengan proses pemanasan tertentu dan hanya menyisakan zat aktif yang baik. Zat aktif ini berguna untuk mengurangi polusi atau kelembaban berlebih di suatu ruangan. Manfaat arang bambu bisa dirasakan saat si arang bambu bertindak sebagai pengontrol kelembaban, serta menyerap partikel asing atau berbahaya di udara. Misalnya benzene, amoniak, formaldehida yang terkadang menguar dari sebuah lukisan karena terpengaruh suhu udara di sekitarnya. Arang bambu juga bisa mengurangi polusi asap karena mampu menyerap oksida karbonat, nikotin, tar, benzopyrene yang biasanya ditemukan dalam asap. Cobalah taruh arang bambu di dalam smoking area, dan lihat perbedaannya.


Manfaat arang bambu lainnya mendetoks racun yang bersemayan dalam tubuh, khususnya di sistem pencernaanmu di mana semua makanan dan minuman (yang entah itu baik untuk badanmu atau tidak) diproses. Terkadang, kita cuek saja mengkonsumsi sesuatu tanpa menyadari dampak buruknya pada kesehatan, dengan santainya memakan junkfood dan minuman bersoda dan lainnya. Juga terkadang, tidak memperhatikan lingkungan kita yang kotor dan penuh polusi. Alhasil, tubuh kita menumpuk racun dan zat kimia berbahaya di dalam tubuh. Untuk itulah, tubuh kita perlu detoksifikasi. Dengan bantuan arang bambu, kita bisa melakukannya. Arang bambu aktif sudah diketahui sangat efektif menyerap racun dan zat yang tidak bersahabat untuk tubuh. Dengan mengkonsumsinya seminggu sekali sembari perbanyak asupan air minummu, kamu dapat mengeluarkan racun-racun. Namun jangan sampai berlebihan mengkonsumsinya, karena bisa-bisa malah sakit perut yang dirasa. 

Selain bertindak sebagai detoks dan air filtrasi, manfaat arang bambu ‘menyebar ke segala penjuru’ dan mampu:
  • ·      Melancarkan peredaran darah dan menbuatmu terhindar dari penyempitan atau terhambatnya saluran darah korener yang mengakibatkan serangan jantung. Kenapa? Karena pancaran far infra red-nya membanu meredakan nyeri sendi sehingga membuatmu lebih rlleks. Telah diukur, bahaw arang bambu ternyata memancarkan 93% far infra red atau infra red jauh yang berguna untuk mempercepat metabolism tubuh dan mendorong pertumbuhan sel. Yang hebatnya akan menghambat proses penuaan dini, karena sel-sel dalam tubuh terus beregenerasi.

  • ·    Menyerap bau tak sedap. Sebagai deodorisasi, arang bambu menghisap bebauan yang tidak sedap dan memurnikannya.

  • ·    Memurnikan air yang tidak layak konsumsi. Mineral yang sedari awal sudah terkandung di dalam bambu, akan membantu menjernihkan bahkan meningkatkan kandungan mineralnya.



Update Terbaru

Catatan Sumber: Sebagian informasi, referensi dan artikel yang disajikan di website ini kami kompilasi, sadur dan terjemahan dari berbagai sumber. Beberapa gambar yang ada juga berasal dari berbagai website dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Mohon maaf jika ada gambar yang belum mencantumkan sumbernya. Jika ada gambar milik anda yang memiliki hak cipta dan ingin dicantumkan sumbernya, harap hubungi kami.
Diberdayakan oleh Blogger.