Home » » Hebatnya Activated Bamboo Charcoal Untuk Tubuh

Hebatnya Activated Bamboo Charcoal Untuk Tubuh

Pernah mendengar seputar activated bamboo charcoal atau bahasa leterlek-nya arang bambu akif? Mungkin banyak yang belum tahu dengan arang satu ini ‘kan? Arang bambu aktif yang akan kita bahas ini berbeda dengan arang biasa yang digunakan untuk bara api. Nah, ngomong-ngomong tentang arang aktif—activated charcoal—sendiri, adalah zat arang yang diaktifkan dengan mengolahnya bersama oksigen untuk menciptakan jutaan pori-pori kecil dengan luas permukaan zat  sampai 1500 m2/g; yang membuatnya memiliki tingkat daya serap atau ikat yang tinggi. Intinya: hasil dari pengaktifan itu, terciptalah arang murni yang memiliki luas permukaan pori yang luas dengan daya serap dan ikat tinggi. Dengan kemampuannya itu, arang aktif menjadi rookie di dunia kesehatan. Dalam kesehatan, arang aktif dipergunakan untuk menyerap, mengikat serta membuang racun atau zat negatif dari tubuh. Arang bambu yang melalui proses pengaktifan pun akan memiliki kemampuan yang sama seperti penjelasan di atas. Tak ayal arang bambu yang sudah diaktifasi kerap kali digunakan di ranah kesehatan.

Mengobati keracunan. Adalah salah satu guna dari arang bambu yang aktif. Yup, activated bamboo charcoal dapat menyerap zat berbahaya—zat yang membuat seseorang keracunan, atau yang mengalami overdosis seperti:
·         Keracunan perstisidan
·         Overdosis morphin atau kokain
·         Overdosis obat-obatan medis, misalnya acetaminophen, aspirin
·         Overdosis merkuri, kimia atau bahan kimia lainnya
Namun perlu diingat, tidak semuanya kasus keracunan bisa ditangani arang bambu aktif. Keracunan sianida, alkohol, besi, serta beberapa jenis asam tertentu termasuk kasus keracunan yang tidak bisa di-handle 100% oleh arang bambu aktif.

Mendetoks racun di dalam tubuh. Kegunaan arang bambu aktif bisa dirasakan dari bagaimana arang bambu aktif membantu mendetoks racun di dalam tubuh. Zat arangnya sangat efektif menyerap racun, dengan mengkonsumsinya seminggu sekali untuk detoksifikasi serta mengimbanginya dengan minum air putih. Jika perlu, konsultasi terlebih dulu pada dokter sebelum mengkonsumsi arang bambu aktif. Hal ini perlu, untuk mengetahui seberapa banyak jumlah activated bamboo charcoal yang diperlukan tubuh. Sehingga nantinya tubuh bisa benar-benar terdetoksifikasi dari racun dengan baik, dan bukannya malah memberikan efek sebaliknya, seperti sembelit atau sakit perut karena berlebihan mengkonsumsi arang bambu aktif.



Meningkatkan energi dan kekebalan tubuh. Hebatnya arang bambu aktif adalah membuat tubuhmu lebih berenergi dan tidak gampang sakit. Mengkonsumsi activated bamboo charcoal dengan takaran yang pas, tubuh akan terasa lebih bugar dan berenergi karena terdetoksifikasi dari segala toksin. Kenapa? Karena dengan terdetoksifikasinya tubuh dari segala racun, penyerapan nutrisi pun jadi lancar. Banyaknya nutrisi yang terserap membuat energi yang didapat tubuh pun menjadi lebih banyak. Pencernaan pun juga terjaga yang berefek pada meningkatnya sistem kekebalan tubuh sehingga bakteri maupun virus tak gampang menyerang kesehatanmu.
Meredakan gejala sakit perut. Ketika perut terasa bergas dan kembung, konsumsilah arang bambu aktif untuk membuat perutmu lega. Selain itu, arang bambu aktif juga dapat meredakah mual dan muntah. Hanya saja harus diingat ya, jangan mengkonsumsi activated bamboo charcoal setiap hari. Gunakanlah sesekali di saat keadaan kamu membutuhkan bantuan si arang aktif dengan segera.


Activated bamboo charcoal memang ampuh manfaatnya, dengan catatan disesuaikan dengan kebutuhan. Karena meski pun baik, akan berefek jelek jika dipergunakan berlebihan. Sebagai catatan, arang bambu aktif bisa membuatmu sakit perut, sembelit, bahkan muntah jika dikonsumsi terus menerus. Mengkonsumsi arang aktif sebagai suplemen justru akan mengurangi proses nutrisi dalam tubuh, jadi konsumsilah sesekali saat benar-benar dibutuhkan. Okey?!

Update Terbaru

Catatan Sumber: Sebagian informasi, referensi dan artikel yang disajikan di website ini kami kompilasi, sadur dan terjemahan dari berbagai sumber. Beberapa gambar yang ada juga berasal dari berbagai website dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Mohon maaf jika ada gambar yang belum mencantumkan sumbernya. Jika ada gambar milik anda yang memiliki hak cipta dan ingin dicantumkan sumbernya, harap hubungi kami.
Diberdayakan oleh Blogger.