Home » » Tepung Arang Bambu Kurosumi

Tepung Arang Bambu Kurosumi

Awam ini bidang kuliner dikenal sebagai salah satu bidang yang cukup pesat berkembang. Berbagai resep baru dikreasikan dan semakin memperkaya dunia kuliner dengan kreasinya. Mulai dari makann berat seperti menu utama, makanan ringan, snack dan minuman. Berbagai kreasi menjadi unik dan menarik karena semakin banyak pilihan dalam bidang kuliner. Kita mengenal kreasi baru seperti olahan ikan, daging dan mie untuk makanan utama, beragam cake serta kue sebagai makanan penutup serta olahan minuman dengan beragam bahan dasar seperti kopi, coklat dan arang bambu. Mungkin membaca kata yang terakhir tersebut anada akan mengrenyitkan dahi.
kurosumi


Namun seiring berkembangnya zaman serta bertambahnya kreatifitas manusia, maka saat ini arang bambu dikenal sebagai salah satu bahan tambahan pangan. Bahan ini terbuat dari bambu yang dikeringkan secara alami kemudian dimasukkan ke dalam tungku pengasapan selama 5 hari. Selanjutnya dikeringkan dengan blower hingga mencapai kelembaban di bawah 20%. Cara ini harus benar benar diperhatikan dengan saksama karena akan menentukan kualitas dari arang bambu tersebut. Menggunakan tungku tradisional akan jauh lebih baik ketimbang menggunakan tungku modern. Banyak juga yang mengatakan jika penggunaan kayu flamboyant sebagai bahan bakar untuk membuat arang bambu lebih bagu dengan hasil yang lebih harum ketimbang menggunakan kayu jenis lain.
tepung arang bambu



Proses produksi selanjutnya adalah menggiling arang bambu yang telah enar benar matang sempurna menjadi tepung atau bubuk arang bambu. Hal inilah yang kemudian menjadi proses akhir dari produksi arang bambu itu sendiri. Selanjutnya tepung arang bmabu dikemas dan dimasukkan ke dalam plastik untuk selanjutnya didistribusikan ke berbagai tempat. Tepung arang bambu sendiri banyak digunakan untuk membuat berbagai macam jenis makanan seperti roti burger, mie dan campuran minuman seperti yang sudah saya jelaskan di awal. Penggunaannyapun hanya membutuhkan sedikit saja untuk tiap kali produksi. Selain digunakan sebagai bahan tambahan pangan atau pewarna makanan, tepung arang bambu juga dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Memaksimalkan proses detoksifikasi dalam tubuh sehingga racun racun terbuang secara maksimal.   

Update Terbaru

Catatan Sumber: Sebagian informasi, referensi dan artikel yang disajikan di website ini kami kompilasi, sadur dan terjemahan dari berbagai sumber. Beberapa gambar yang ada juga berasal dari berbagai website dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Mohon maaf jika ada gambar yang belum mencantumkan sumbernya. Jika ada gambar milik anda yang memiliki hak cipta dan ingin dicantumkan sumbernya, harap hubungi kami.
Diberdayakan oleh Blogger.