Home » , , , » Manfaat Arang Bambu

Manfaat Arang Bambu

Pernah mendengar arang bambu?bagi yang belum tahu, arang bambu berasal dari potongan-potongan bambu limbah dari kerajinan mebel dan penganyaman gedhed yang diolah menjadi arang bambu yang ternyata punya nilai ekonomi yang menggiurkan.Anda pasti tidak pernah membayangkan bahwa limbah bambu yang dianggap tidak memiliki nilai ekonomi, bisa disulap menjadi barang unik sekaligus menarik dan memiliki banyak kegunaan yaitu Arang bambu, dan bila kita jeli, arang bambu bisa menjadi peluang bisnis yang berprospek cerah. Berikut adalah manfaat arang bambu :

1. Membuat nasi pulen
2. Menambah kandungan mineral pada air dan menetralisir zat-zat berbahaya pada air
3. Menjernihkan minyak goreng
4. Mengurangi radiasi pada komputer dan televisi
5. Menghilangkan bau pada kulkas
6. Menghilangkan bau apek pakaian pada almari
7. Menyerap bau rokok pada ruangan

Sungguh luar biasa manfaat arang bambu bukan? Membuat arang bambu, pada prinsipnya sama seperti membuat arang kayu. Sedikit pembedanya pada cara agar arang yang dihasilkan mempunyai multiguna. Ada dua bentuk arang bambu : keping dan bumbung. Untuk bentuk arang keping yang diproduksi Omah Areng, ukuran panjangnya 10 cm, lebar 5 cm. Sedangkan bentuk bumbung, panjang 10 cm dan berdiameter 7 cm. Bambu yang sudah dipotong sesuai ukuran, dibersihkan. Setelah itu
dimasukkan oven atau tungku pembakaran. Oven terbuat dari drum.
Proses pembakaran sangat menentukan bagus dan tidaknya hasil. Dalam proses ini api dijaga betul derajat kepanasannya. Jangan sampai padam sebelum proses pembakaran sempurna. Arang yang bagus itu jika dalam proses pembakaran bisa mencapai kepanasan minimal 150 derajat celcius. Jika bisa melebihi angkat itu tentunya untuk arang akan lebih bagus lagi. Untuk menjaga stabilnya api, setiap setengah jam dilakukan kontrol dengan termometer. Proses pembakaran untuk mencapai angka 150 derajat membutuhkan waktu sekitar 10 jam.

Update Terbaru

Catatan Sumber: Sebagian informasi, referensi dan artikel yang disajikan di website ini kami kompilasi, sadur dan terjemahan dari berbagai sumber. Beberapa gambar yang ada juga berasal dari berbagai website dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Mohon maaf jika ada gambar yang belum mencantumkan sumbernya. Jika ada gambar milik anda yang memiliki hak cipta dan ingin dicantumkan sumbernya, harap hubungi kami.
Diberdayakan oleh Blogger.