Home » , , » Food Truck, Tren Jajan Kaum Urban

Food Truck, Tren Jajan Kaum Urban




Liputan6.com, Jakarta Kamis (16/4) sore di pelataran Plaza Mebel Fatmawati berjejer beberapa truk dengan tampilan unik. Tak ada kesan kaku dan kotor dari seluruh tampilan truk ini, malah aneka tulisan warna-warni dengan aneka gambar makanan menarik selera dilengkapi beberapa kursi meja di dekatnya.
Di salah satu truk tampak seorang perempuan sedang menggoreng sesuatu. Ia tampak sibuk meraciknya, tak berapa lama ia memanggil seorang customernya untuk menyerahkan pesanannya.
Inilah food truck, sebuah truck sebuah cara baru mengolah hingga melakukan penyajian kepada customer di atas truk yang telah di desain khusus seperti restoran berjalan.
"Konsep food truck adalah segala proses memasak hingga penyajian dilakukan di dalam truk. Sehingga di dalam truk ini ada bahan makanan, alat memasak, penghisap asap, hingga sink (tempat cuci piring)," terang salah satu pioneer food truck di Jakarta sekaligus pemilik Jakarta Food Truck, Anglia G. Awnies saat berbincang dengan Health-Liputan6.com.
Menurutnya kehadiran konsep Food Truck sebagai suatu jawaban bagi para pengusaha yang ingin berbisnis kuliner. "Sekarang itu kalau mau sewa space di mal harganya sudah mahal sekali, bahkan ada beberapa yang menggunakan dollar dalam pembayaran. Kalau food truck ini kan enak, ini properti sendiri bukan menyewa dan bisa berpindah," terang perempuan manis ini.
Hal serupa pun diungkapkan oleh pemilik Black Jack Food Truck, Maya Rusdianto. "Konsep ini merupakan solusi di tengah harga sewa yang mahal," terang perempuan berkacamata ini.
Setiap food truck memiliki menu uniknya masing-masing, Jakarta Food Truck misalnya memiliki menu andalan Sloopy Joe, Ribs, hingga Cookies Fritter. Konsep seru lainnya diusung Black Jack Food Truck yang seluruh menu makanananya berwarna hitam nan menggoda mulai dari burger hingga burrito.
 Para pembeli bisa menyantap langsung makanan tersebut di kursi yang telah disediakan dan mengobrol hingga lama. 
Lokasi mereka berjualan bisa sendiri-sendiri maupun bersama-sama food truck lainnya. Para pelanggan yang sebagian besar anak muda ini bisa mengetahui lewat masing-masing akun media sosial food truck tersebut.
Sumber : http://health.liputan6.com






Update Terbaru

Catatan Sumber: Sebagian informasi, referensi dan artikel yang disajikan di website ini kami kompilasi, sadur dan terjemahan dari berbagai sumber. Beberapa gambar yang ada juga berasal dari berbagai website dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Mohon maaf jika ada gambar yang belum mencantumkan sumbernya. Jika ada gambar milik anda yang memiliki hak cipta dan ingin dicantumkan sumbernya, harap hubungi kami.
Diberdayakan oleh Blogger.